Steven Spielberg: ‘Saya Siap Mati Untuk Israel!’

STEVEN Allan Spielberg (lahir di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, 18 Desember 1946; umur 66 tahun) adalah seorang sutradara dan produser film ternama keturunan Yahudi asal Amerika Serikat. Ia telah memperoleh tiga Penghargaan Oscar (Academy Award) serta satu Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup.

Film-film Spielberg hampir selalu menghipnotis dunia dan menjadi box office. Ia keluar dari jalur mainstream dan membuat orang terperangah. Sebut saja mulai dari trilogi ‘Jurassic Park’, seri ‘Indiana Jones’ sampai ‘War of The World’ yang dibintangi oleh Tom Cruise. Simak petikan wawancaranya yang disarikan dari der spiegel ketika ia baru merilis film ‘Munich’.
Dalam sebagian film Anda (Munich dan Schindler’s List) Anda menggambarkan tidak hanya tindakan terorisme Palestina, tetapi semua respon Israel, dan kampanye pembalasan…

Percayalah, saya tidak memiliki subjek naif. Saya seorang Yahudi Amerika dan sadar akan kepekaan yang terlibat dalam konflik Israel-Palestina.

Anda disebut-sebut sebagai orang yang “memanusiakan” teror…

Apakah para kritikus benar, bahwa teroris bukanlah manusia? Saya mencoba untuk tidak menjelekkan mereka. Sekali lagi, ini sama sekali tidak merelatifkan tindakan atau bersimpati dengan mereka. Tapi saya percaya bahwa itu menodai memori korban jika kita tidak mengajukan pertanyaan tentang alasan, tentang akar teror. Film saya tidak seharusnya menjadi pamflet, bukan karikatur, bukan pandangan satu dimensi hal. Saya menolak untuk memberikan jawaban sederhana untuk pertanyaan rumit.

Anda sering mengkritik pemerintahan Bush…

Saya mengkritik perang Irak, sebatas kebebasan warga negara. Saya mengkritik karena saya mencintai negara saya.

Bagaimana Anda menggambarkan sikap Anda ke Israel?

Sejak saya mulai berpikir bahwa secara politis, saya adalah pembela setia Israel. Sebagai seorang Yahudi saya sadar betapa pentingnya keberadaan Israel untuk kelangsungan hidup kita semua. Dan karena saya bangga menjadi Yahudi, saya khawatir dengan meningkatnya anti-Semitisme dan anti-Zionisme di dunia. Dalam film saya, saya bertanya tentang perang Amerika melawan teror dan tentang tanggapan Israel terhadap serangan Palestina. Jika itu perlu, saya siap untuk mati untuk Amerika Serikat dan Israel!

Apakah Anda merasa memberikan harapan dengan film yang Anda buat?

Saya melihat dunia di mana anak-anak saya tumbuh dewasa dan ketika saya melihat kegelapan saya  tidak bisa membuat film yang lucu tentang hal itu. Saat saya semakin tua, saya merasa beban tanggung jawab datang bersama dengan suatu alat yang ampuh sebagai pembuatan suatu  film. Sekarang saya ingin menceritakan kisah yang benar-benar berarti. Di sisi lain, memberikan hiburan yang baik untuk khalayak yang besar, juga sangat bagus. Saya rela membuat film karena permintaan orang banyak.

Ada rencana tertentu?

Tidak, saya hanya ingin beristirahat untuk sementara waktu. Saya telah bekerja terlalu banyak. Sekarang saya harus kembali ke rumah dan memperkenalkan diri kepada anak-anak saya. (islampos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Steven Spielberg: ‘Saya Siap Mati Untuk Israel!’"

Post a Comment